This vs That

 
“This” dan “that di bahasa Inggris merupakan kata demonstratif yang nunjukin letak relatif tempat suatu benda terhadap si pembicara.
 
Gampangnya, “this” dalam bahasa Indonesia artinya “ini”, alias nunjukin bahwa terdapat benda (termasuk orang) yang berada di dekat pembicara.
Sedangkan “that” dalam bahasa Indonesia artinya “itu”, alias menunjukkan bahwa terdapat benda (termasuk orang) yang berada relatif  jauh terhadap keberadaan si pembicara.
 
 Yang perlu diingat adalah penggunaan “this” dan "that” hanya untuk merujuk pada singular noun [benda tunggal]. Hal ini berbeda dengan penggunaan “ini” dan “itu” dalam bahasa Indonesia yang dapat digunakan baik untuk beda tunggal ataupun jamak.
 
Perhatikan contoh berikut:
 
  • Ex: “This is my pencil.”
[Ini adalah pensilku.]
 
Dari penggunaan kata “this”, kita bisa tahu bahwa pensil tersebut berada di dekat dengan si pembicara. 
 
  • Ex: “That is Fred’s bicycle.”
[Itu adalah sepedanya Fred.]
 
Dari kalimat di atas, karena menggunakan kata “that”, kita bisa tahu bahwa sepedanya Fred berada dalam jarak yang relatif jauh dari si pembicara.
 
Nah, kalau dalam konteks di atas, kita memakai “this” dan “that” untuk menjelaskan letak relatif dari suatu benda terhadap si pembicara, 
 
Ada lagi nih bentuk lainnya dimana “this/ that” diikuti dengan noun [kata benda] untuk mengidentifikasi benda yang dimaksud. Baik untuk benda yang ini (jarak dekat terhadap pembicara) atau benda yang itu (jarak jauh terhadap pembicara).
 
 Supaya lebih jelasnya, kita lihat contoh berikut. 
 
  • Ex: “This book is quite interesting.” 
[Buku ini cukup menarik.]
 
Mudah kan? Jadi ketika membicarakan “benda ini”, kita hanya perlu menaruh “this” sebelum noun [kata benda]. 
 
  • Ex: “That car belongs to my father.”
[Mobil itu adalah punya ayahku.]
 
Sama seperti penggunaan “this”, ketika membicarakan “benda itu”, kita hanya perlu menambahkan “that” sebelum noun [kata benda].
 
Gimana? Udah cukup jelas kan dengan penggunaan “this” dan “that”? Yang perlu diperhatikan adalah ketika kita menggunakan “this” dan “that” bendanya harus tunggal.
 
Selamat belajar!

 


Tags: Common mistakes



Anda harus sign in untuk menuliskan komen

Comments